top of page

Variasi Menu Katering agar Bisnis Jaya

Persaingan di bisnis katering yang makin ketat mengharuskan pengusaha mencari solusi di luar strategi yang biasa dipakai. Ulasan ini semoga bisa menginspirasi.

Variasi Menu Katering agar Bisnis Jaya

Memperhatikan Pelayanan Pelanggan

Kepuasan pelanggan menjadi salah satu kunci agar bisnis katering selalu jaya.

Pelanggan yang happy dengan pelayanan akan cenderung kembali dan merekomendasikan ke orang lain. Komunikasi yang personal dan ramah juga bisa membuat pelanggan lebih berkesan. Kecepatan dalam meng-update menu dan on time dalam pengantaran bisa menjadi nilai tambah di mata pelanggan.

Pendekatan personal seperti mengetahui nama mereka beserta menu favoritnya atau mengucapkan selamat ulang tahun sambil memberikan diskon khusus bisa menjadi opsi tersendiri yang membuat pelanggan makin betah dan tidak melirik katering lain.

Memperhatikan Umpan Balik

Rajin mendengar umpan balik dari pelanggan juga penting. Umpan balik bermanfaat untuk mengetahui kekurangan yang selama ini mungkin tidak disadari. Komentar positif maupun negatif diterima dengan sikap terbuka dan jujur, serta sebaiknya direspon dengan tetap santun. Berusaha memperbaiki kekurangan berdasarkan umpan balik merupakan salah satu pembenahan dalam menjalankan bisnis katering ke arah yang lebih baik.


Memperbanyak Strategi Pemasaran Kreatif

Pemanfaatan media sosial dan web, serta konten visual yang menarik, bisa jadi salah satu cara yang efektif untuk menjangkau pelanggan lebih luas. Caranya bisa dengan memperbanyak konten yang relevan sama pelanggan secara konsisten. Menurut laporan We Are Social, jumlah pengguna media sosial di Indonesia mencapai 167 juta orang pada Januari 2023 atau sekitar 78 persen dari total pengguna internet di Indonesia.

Dengan memanfaatkan platform yang tersedia seperti Facebook, Instagram, YouTube, TikTok, dan Twitter maka bisnis katering akan terbantu secara branding,

yang tujuannya selain memopulerkan nama katering Anda, juga untuk memperluas pemasarannya sesuai dengan coverage yang diinginkan.


Evaluasi Menyeluruh

Apakah sistem pengantaran makanan sudah efisien dan up-to-date? Kemasan dan kebersihan sudah oke? Masakan andalan masih jadi favorit pelanggan? Evaluasi yang lengkap perlu dilakukan untuk memastikan bisnis tetap relevan dengan selera pelanggan masa kini. Jika ada menu yang kurang diminati, mungkin bisa dihapus atau diganti dengan menu yang sedang populer atau sesuai permintaan khusus dari pelanggan. Selama proses evaluasi, kumpulkan sebanyak mungkin saran dan masukan dari para pelanggan untuk memperbaiki kekurangan dan memaksimalkan kelebihan bisnis katering Anda.


Kreativitas Menu dan Bahan Baku

Tren makanan bisa berubah seiring waktu. Dalam bisnis katering, penting untuk fleksibel dan kreatif dalam berkreasi menu, semisal dengan menambah menu baru sebagai bagian dari eksplorasi tren dan inovasi.

Salah satu contohnya menampilkan menu seafood karena menurut Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) bahwa rata-rata konsumsi ikan dan udang segar per kapita per minggu di Indonesia pada tahun 2021 mencapai 0,353 kilogram (kg), naik 6% dari tahun sebelumnya.


Bisa jadi akan timbul pertanyaan: apakah mengolah seafood semudah memasak bahan makanan lainnya? Tentu saja, Anda bisa memilih seafood olahan yang lebih praktis. Anda bisa mengandalkan produk dari Fitrafood, yaitu Seafoodking yang terkenal karena produk seafood olahannya berasal dari ikan laut dalam dan diproduksi dengan teknologi modern untuk menghasilkan kualitas premium. Dengan lebih dari 40 varian yang sama-sama taste amazing, Seafoodking bisa menjadi menu andalan karena proses memasaknya yang mudah dengan 5 cara: digoreng, direbus, dikukus, dipanggang atau pakai microwave. Menarik, bukan? Karena bisnis katering Anda bisa fleksibel dalam menyajikan variasi menu yang mampu memanjakan selera pelanggan.


Jadi, tetap semangat, ya! Jaya, jaya, jaya!

51 views

Comentarios


bottom of page