top of page

Makan Bersama Kunci Harmonis Pernikahan

Mempertahankan pernikahan agar tetap harmonis memang menjadi tantangan tersendiri. Namun begitu, bukan berarti tanpa solusi. Yuk, simak berikut ini!

Makan Bersama Kunci Harmonis Pernikahan

Pentingnya Makan Bersama

Salah satu faktor yang sering diabaikan dalam menjaga keharmonisan adalah pentingnya kegiatan makan bersama.

Penelitian dari Marriage Foundation di Inggris tahun 2019 menemukan bahwa 67% pasangan yang sering makan bersama ternyata jauh lebih bahagia dibandingkan dengan mereka yang jarang makan bersama.

Ternyata sering bertemu di meja makan menjadi salah satu kunci rahasia hubungan langgeng.


Mengapa pengalaman makan bersama bisa menjadi momen istimewa bagi setiap pasangan? Karena makan bersama memungkinkan setiap pasangan saling terbuka dan berbagi banyak hal, baik suka ataupun duka.


Makan Bersama sebagai Me Time

Meskipun begitu, ada saja yang bisa membuat pasangan tidak peduli saat makan bersama. Dalam penelitiannya, Journal of Experimental Social Psychology menunjukkan bahwa ketika seseorang sedang makan bersama dengan teman atau keluarganya tapi tetap aktif dengan ponselnya, maka orang yang diajak makan bersama akan merasa terganggu dan kurang menikmati makan bersama tersebut.

Untuk itu perlu komitmen sebelumnya bahwa saat makan bersama merupakan me time yang hanya dinikmati berdua, tanpa gangguan dari dunia luar.

Namun perlu disadari juga, seringnya kegiatan makan bersama dengan pasangan juga bisa menimbulkan rasa bosan. Suasana meja makan yang itu-itu saja, bisa menjadi penyebabnya. Mengubah tatanan di meja makan secara berkala bisa jadi solusi. Mengganti taplak, menambahkan lilin, menyetel ulang penerangan ruang makan, menempatkan vas dengan bunga yang sering diganti, dan menikmati makan bersama dengan santai tanpa kesan terpaksa akan menjadikan momen makan bersama selalu spesial.


Makan Bersama di Tempat Berbeda

Bosan karena sering makan bersama di rumah?

Coba jelajahi tempat-tempat makan baru di luar bisa menjadi opsi sangat menarik. Hal ini bermanfaat agar setiap tempat yang dikunjungi menciptakan kenangan berbeda-beda yang tak terlupakan. Opsi lain, dengan mengunjungi kembali tempat-tempat makan lama yang penuh kenangan untuk membangkitkan nostalgia dan memperkuat rasa cinta.


Makan Bersama dengan Cooking Challenge

Ada opsi lain lagi yang sebenarnya bisa dicoba oleh setiap pasangan suami-istri untuk mengikis kebosanan, yaitu masak bersama dengan cara cooking challenge. Misal di weekends, bergantian untuk memasak satu sama lain dan memberikan ulasan jujur tentang masakan tersebut saat makan bersama. Manfaat memasak bersama dapat menghadirkan pengalaman makan yang lebih berkesan karena sebelumnya turut berproses bersama. Selain itu, setiap pasangan bisa lebih saling berkomunikasi, berbagi ide, dan saling menghargai kontribusi satu sama lain.

Karena tidak cuma istri, suami pun juga bisa piawai di dapur dan berkreasi menu praktis.

Apalagi ketika belanja bersama di supermarket untuk kebutuhan cooking challenge, produk dari Fitrafood seperti Seafoodking bisa menjadi pilihan tepat. Seafood olahan berkualitas premium ini menawarkan banyak varian yang sama enaknya. Cara masaknya juga mudah dan praktis: bisa digoreng, direbus, dikukus, dipanggang, dan pakai microwave sehingga bisa dikreasikan menjadi menu apa saja. Selain di supermarket, Seafoodking juga bisa didapatkan di marketplace dan pasar tradisional sehingga memudahkan untuk menjaga stok di kulkas.


Makan Bersama Hadirkan Pengalaman Romantis

Jika masak bersama secara rutin dilakukan, maka dapat memperkuat ikatan pernikahan. Menghadirkan rangkaian pengalaman makan bersama yang romantis dan penuh makna menjadi salah satu cara bagi pasangan suami-istri agar selalu harmonis. Karena makan bersama bukan hanya tentang perut lapar dan kenyang, namun lebih ke quality time.


Selamat mencoba dan semoga selalu langgeng, ya :)


45 views
bottom of page